TRAINING TRAINER BNSP

TRAINING TRAINER SKEMA PELATIHAN TATAP MUKA

TRAINING TRAINER di Jakarta

trainer bnsp
trainer skema pelatihan tatap muka
trainer
menjadi pelatih

DESKRIPSI pelatihan trainer skema pelatihan tatap muka pasti jalan

MEA sudah mengalir di Negara-negara ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Para anggota ASEAN termasuk Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut. MEA adalah istilah yang hadir dalam indonesia tapi pada dasarnya MEA itu sama saja dengan AEC atau ASEAN Economic Community.

Awal mula MEA berawal pada KTT yang dilaksanakan di Kuala Lumpur pada tanggal 1997, dimana para pemimpin ASEAN akhirnya memutuskan untuk melakukan pengubahan ASEAN dengan menjadi suatu kawasan makmur, stabil dan sangat bersaing dalam perkembangan ekonomi yang berlaku adil dan dapat mengurangi kesenjangan dan kemiskinan sosial ekonomi (ASEAN Vision 2020).

Berikutnya dilanjutkan pada KTT Bali yang terjadi pada bulan Oktober pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN mengeluarkan pernyataan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA akan menjadi sebuah tujuan dari perilaku integrasi ekonomi regional di tahun 2020, ASEAN Security Community dan beberapa komunitas social budaya ASEAN merupakan dua pilar yang tidak bisa terpisahkan dari komunitas ASEA. Seluruh pihak diharapkan agar dapat bekerja sama secara kuat di dalam membangun komunitas ASEAN di tahun 2020.

MEA akan mulai membentuk ASEAN menjadi pasar dan basis dari produksi tunggal yang dapat membuat ASEAN terlihat dinamis dan dapat bersaing dengan adanya mekanisme dan langkah-langkah dalam memperkuat pelaksanaan baru yang berinisiatif ekonomi; mempercepat perpaduan regional yang ada disektor-sektor prioritas; memberikan fasilitas terhadap gerakan bisnis, tenaga kerja memiliki bakat dan terampil; dapat memperkuat kelembagaan mekanisme di ASEAN.

Pada saat yang sama, MEA akan dapat mengatasi kesenjangan pada pembangunan dan melakukan percepatan integrasi kepada Negara Laos, Myanmar, Vietnam dan Kamboja lewat Initiative for ASEAN integration dan inisiatif dari regional yang lainnya. Adapun bentuk kerjasamanya ialah:
1. Pengembangan pada sumber daya manusia dan adanya peningkatan kapasitas,
2. Pengakuan terkait kualifikasi professional,
3. Konsultasi yang lebih dekat terhadap kebijakan makro keuangan dan ekonomi,
4. Memilik langkah-langkah dalam pembiayaan perdagangan,
5. Meningkatkan infrastruktur,
6. melakukan pengembangan pada transaksi elektronik lewat e-ASEAN,
7. Memperpadukan segala industri yang ada di seluruh wilayah untuk dapat mempromosikan sumber daerah,
8. meningkatkan peran dari sektor swasta untuk dapat membangun MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Guna menyiapkan SDM yang memiliki kualitas professional tersebut, Pemerintah Republic Indonesia telah sekian lama membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), yang merupakan Lembaga Independen di bawah Presiden yang bertugas untuk membentuk SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), yang merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan; pembentukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan TUK (Tempat Uji Kompetensi). Salah satu profesi yang memerlukan sertifikasi profesi adalah Trainer/Instruktur.

Sertifikasi Trainer/Instruktur bertujuan untuk:
1. Memastikan kualitas professional/kompetensi Trainer/Instruktur agar dapat memenuhi persyaratan-persyaratan dalam SKKNI,
2. Menghasilkan Instruktur-instruktur, sesuai Skema/Jenis Sertifikasinya (sesuai dengan pekerjaannya), yang dapat dipertanggungjawabkan kompetensinya ketika berkiprah dalam melayani masyarakat/instansi pengguna.
3. Sebagai sebuah strategi dalam menghadapi SDM dari luar negeri, khususnya yang tergabung dalam MEA.

Outline Materi pelatihan trainer terbaru

Hari Pertama & ke Dua
1. Sistem sertifikasi di Indonesia
2. Penyusunan pelatihan berbasis kompetensi (menentukan kualifikasi program pelatihan, menentukan persyaratan peserta, menyusun kurikulum pelatihan, menyusun silabus pelatihan, menentukan sumberdaya pelatihan, memvalidasi program pelatihan)
3. Mendisain media pembelajaran (menentukan kualifikasi program pelatihan, menentukan persyaratan peserta, menyusun kurikulum pelatihan, menyusun silabus pelatihan, menentukan sumberdaya pelatihan, memvalidasi program pelatihan)
4. Merencanakan penyajian materi pelatihan (menentukan kualifikasi program pelatihan, menentukan persyaratan peserta, menyusun kurikulum pelatihan, menyusun silabus pelatihan, menentukan sumberdaya pelatihan, memvalidasi program pelatihan)
5. Pengumpulan/pembuatan bukti atau portofolio (dibimbing oleh Instruktur)
6. Melaksanakan pelatihan tatap muka (Menentukan kualifikasi program pelatihan, menentukan persyaratan peserta, menyusun kurikulum pelatihan, menyusun silabus pelatihan, menentukan sumberdaya pelatihan, memvalidasi program pelatihan)
7. Tahap pre-assessment

Hari ke tiga
Asessment Session with Asessor

Metode pelatihan menjadi pelatih pasti jalan

Metode Sertifikasi Trainer Skema Pelatihan Tatap Muka ini adalah:
1. Lecture
2. Diskusi & tanya jawab
3. Bimbingan individual
4. Role play
5. Interview

Jadwal training trainer bnsp murah

– 9 – 11 Februari 2021
– 30 Maret – 1 April 2021
– 2 – 4 Juni 2021
– 6 – 8 Juli 2021
– 4 – 6 Agustus 2021
– 31 Agustus – 2 September 2021
– 13 – 15 Oktober 2021
– 2 – 4 November 2021
– 30 November – 2 Desember 2021
– 21 – 23 Desember 2021
Pemateri/ Trainer training menjadi pelatih Bali

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Training Terkait

Tanyakan pada kami ?

Kami di sini untuk membantu Anda! Jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kami. Klik di bawah untuk memulai obrolan.

Marketing

Silvy

Online

Marketing

Christine

Online

Silvy

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Christine

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00