TRAINING TRAINING OF TRAINER

TRAINING ANALISA KEBUTUHAN PELATIHAN

TRAINING TRAINING NEED ANALYSIS di Jakarta

LATAR BELAKANG pelatihan analisa kebutuhan pelatihan pasti jalan

Setiap Organisasi atau Perusahaan didirikan dan dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil atau karya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Beberapa pakar berpendapat bahwa manusia merupakan sumber daya organisasi yang menentukan pelaku utama dalam mewujudkan dan mencapai tujuan Perusanaan. Suatu kualitas dan kinerja yang melahirkan produktivitas yang optimal ditentukan oleh bagaimana kita memberikan/mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain agar mudah diterima dan menarik untuk disimak. Untuk mencapai keberhasilan transfer tersebut dibutuhkan suatu bentuk pelatihan yang dikenal dengan “training of trainer” (pelatihan bagi fasilitator). Melalui Pelatihan training of trainer (pelatihan bagi fasilitator) diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi “trainer/fasilitator” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan
Perusahaan. Selain memahami fase-fase tersebut, seorang trainer saat ini, dibebani tugas yang berat yang berhubungan dengan kemampuan untuk merubah wawasan, pengetahuan, dan tindakan seseorang dari yang sama sekali tidak tahu apa-apa menjadi mampu mengerjakan apa-apa. Pelatihan ini diarahkan kepada bagaimana menjadi seorang trainer yang hebat, yang mampu memikul tanggung jawab yang besar untuk mampu merubah sesorang sesuai dengan levelnya masing-masing. Kebutuhan akan tenaga ini, semakin lama semakin berkembang dengan baik, seiring dengan kesadaran organisasi bahwa investasi dalam pengembanagn perusahaan berbentuk investasi SDM mendapat porsi yang sangat dominan baik dari kalangan akademisi maupun kalangan praktisi. Untuk itu pada training of trainer akan diarahkan kepada kemampuan seseorang untuk menjadi seorang trainer yang handal yang dapat diuji oleh seberapa besar ilmu yang akan disampaikan berdampak signifikan bagi perubahan-perubahan pada peserta training.

TUJUAN pelatihan training need analysis terbaru

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan :
1. Mampu memahami komponen dan esensi dasar dari Sumber Daya Manusia sebagai suatu potensi dinamis yang berperan penting dalam mencapai tujuan Perusahaan.
2. Memahami dan menghayati prinsip-prinsip dasar dan model proses pelatihan.
3. Mampu menganalisis kebutuhan pelatihan dan sekaligus merancang pelatihan.
4. Mampu memahami berbagai jenis metode pelatihan.
5. Mampu memahami berbagai tipe cara “belajar” para “trainee” (yang dilatih) dan tipe gaya “mengajar” para “trainer” (pelatih) sehingga dapat menerapkannya sesuai dengan dinamika kelompok dan situasi serta kondisi pelatihan.
6. Mampu untuk melakukan evaluasi pelatihan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
7. Mampu memahami dimensi-dimensi efektivitas sebagai “trainer” dan mengaplikasikan bagi dirinya, maupun menyebarluaskannya pada fasilitator lain.

CAKUPAN MATERI pelatihan analisa kebutuhan training pasti jalan

1. HARI KESATU : Skill dan Kompetensi Trainer
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : Metode rujukan training, training dan proses komunikasi, tujuan-tujuan training, training dan pengajaran, ciri-ciri trainer kreatif, kematangan seorang trainer, menuju berfikir yang kreatif, kenali diri anda, membangun keahlian trainer, kemampuan menyimak, bagaimana meningkatkan kualitas menyimak, cara menyimak yang ideal, ciri-ciri menyimak yang baik, meningkatkan kemampuan komunikasi, gap dalam komunikasi, mengetahui gaya kita dalam komunikasi, bagaimana membangun komunikasi agar didengarkan orang, hambatan dalam komunikasi, bahasa tubuh, kemampuan pidato dan presentasi, prinsip-prinsip pidato dan presentasi. Dengan materi ini diharapkan akan terbangun pola pikir peserta pelatihan bagaimana membangun dirinya supaya menjadi seorang trainer yang sejati.

2. HARI KEDUA : Manajemen Pelatihan
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan manajemen pelatihan, mulai dari kebutuhan pelatihan, pengembangan program pelatihan, pengembangan kurikulum pelatihan, metodologi pelatihan, dan penyelenggaraan pelatihan serta evaluasi pelatihan. Pada bagian ini diharapkan peserta akan mampu meningkatkan pemahamannya akan manajemen pelatihan mulai dari need analisys sampai kepada evaluasi pelatihan.
Jadwal Lainnya :
Management And Leadership Skills For Secretatries (BANDUNG + BALI)

3. HARI KETIGA : Training Tools dan Implementasi Training
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : Metode dan training style, lima belas cara menyampaikan informasi, perlengkapan training, strategi training, teknik dan metode training, pembelajaran orang dewasa, persiapan dan pelaksanaan program training, metode pembelajaran cooperative scrip, Numbered Heads Together, Metode Jigsaw , Metode Debat, metode role playing, dll. Pada bagian ini diharapkan setiap peserta pelatihan akan mampu memahami bagaimana memanfaatkan training tools serta metode dan teknik training.

4. HARI KEEMPAT : Motivasi & Ice Breaking
Pada bagian ini akan disampaikan dengan berbagai macam hal baik metode maupun teknik untuk membangun motivasi peserta didik sehingga tertarik untuk mengikuti training dan siap untuk melakukan perubahan. Berbagai pendekatan yang akan digunakan adalah AMT (Achievment Motivation Training), Selain hal tersebut juga disampaikan berbagai macam permainan sederhana yang sebaiknya dilakukan oleh seorang trainer diantaranya: semut gajah, chacha bu chacha, haloo apa kabar, selebrity jam, 123 bom, the mumy dll ( sebanyak 15 permainan).

METODE training training of trainer murah

1. Ceramah singkat (Lecture)
Berupa pemberian landasan teoritis mengenai topik yang dibahas.
2. Permainan (Game/Role Playing/Simulation)
Memberikan pengalaman mengenai aspek-aspek psikologik tertentu melalui permainan berstruktur.
3. Diskusi
Membahas suatu topik dengan partisipasi semua anggota kelompok.
4. Tugas Mandiri (Inventory)
Tugas perorangan, berupa pengisian kuesioner yang akan memberi gambaran/profile psikologik tertentu yang dimiliki peserta.

Jadwal training analisa kebutuhan pelatihan update

– 9 – 11 Februari 2021
– 30 Maret – 1 April 2021
– 2 – 4 Juni 2021
– 6 – 8 Juli 2021
– 4 – 6 Agustus 2021
– 31 Agustus – 2 September 2021
– 13 – 15 Oktober 2021
– 2 – 4 November 2021
– 30 November – 2 Desember 2021
– 21 – 23 Desember 2021
Pemateri/ Trainer training training need analysis Jogja

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Training Terkait

Tanyakan pada kami ?

Kami di sini untuk membantu Anda! Jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kami. Klik di bawah untuk memulai obrolan.

Marketing

Silvy

Online

Marketing

Christine

Online

Silvy

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Christine

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00